Skip to main content
Cerita Seru Jeni Karay

Cerita Seru Jeni Karay

By Jeni Karay
Berbagi hidup bersama Jeni Karay dengan pembahasan berbagai topik permasalahan anak muda bahkan para profesional muda. Dengan menggunakan bahasa Papua Melayu, humor, dan sedikit bumbu realita yang terjadi, teman-teman bisa melihat lebih dekat berbagai isu anak muda dari perspektif Timur Indonesia.
Listen on
Where to listen
Apple Podcasts Logo

Apple Podcasts

Breaker Logo

Breaker

Google Podcasts Logo

Google Podcasts

Overcast Logo

Overcast

Pocket Casts Logo

Pocket Casts

PodBean Logo

PodBean

RadioPublic Logo

RadioPublic

Spotify Logo

Spotify

Stitcher Logo

Stitcher

Kuasa Dibalik Jari & Kata
Kalau teman-teman perhatikan yah dengan seksama banyak kasus yang viral itu berawal hanya dari kata ataupun tulisan di sosmed yang diposting. Ketika kita tidak dapat mengendalikan jari maupun kata kita, itu bisa mendatangkan masalah serius buat diri kita sendiri bahkan sampai melukai orang-orang di sekeliling kita. Ini juga memberikan kita pelajaran pentingnya untuk mengontrol mulut dalam perkataan. Karena kata-kata pun adalah doa.
11:26
March 18, 2021
Pengendalian Diri
Ketika kitorang punya hidup makin signifikan, dapat promosi, jabatan, pasti akan ada saja orang yang akan iri kha julid kah komentator kah de nama makin banyak komentarin tong punya hidup. Irinya juga tra logis: pokoknya iri aja bawaannya. Nah, teman-teman, orang yang iri akan slalu punya kata-kata yang jelek buat diri kita. Inilah kenapa kita penting banget untuk menjaga hati. Jaga hati ini bukan hanya di sosmed atau kantor. Bahkan di rumah, di gereja, di mana saja. 24 jam bahkan! Karna orang iri itu tra pake musim atau cuma ada di lokasi tertentu.
14:55
March 10, 2021
Media Sosial: Butuh Purpose Juga?
Kalau Beyonce bilangnya Who run the world?? Girls!! maka skarang Who run the world?? Millenial!! Dimana-mana orang ngomong tentang konten. Waktu kenalan, yang ditanyain ujung-ujung: ko punya akun instagram apa? Bahkan, para HR di kantor-kantor waktu trima CV calon karyawan, dong akan googling nama kandidat tersebut. Mau ko trima kah tidak kah, epen kah, cupen kah, iyo kah, de akan datang temui ko. Torang kalau siap, bagus. Kalau tra siap, rugi skali. Ibaratnya nih media sosialnya kitorang itu seperti art galery. Hanya saja kitorang ini tra tahu siapa saja yang lihat. Karna itulah sebenarnya bermedsos ria itu perlu punya purpose.
16:45
January 28, 2021
Show Off
Perlu kah tidak eh untuk semua hal itu perlu kitorang posting di sosial media? Perlukah untuk kitorang pamer apa yang yang torang capai, yang torang pakai, atau apa yang sedang kitorang lakukan? Yuk, dengar cerita @jenikaray di episode kali ini.
15:60
December 14, 2020
Gratitude
Kenapa mengucap syukur jadi hal yang sangat penting ditengah semakin banyaknya tuntutan kehidupan? Ada tuntutan keluarga, pacar, kantor, lingkungan sosial, dari segala arah kitorang macam dapa kurung sudah dengan rasa tekanan untuk harus bisa ini dan itu, harus bisa capai ini dan itu.
15:57
October 25, 2020
Fear Of Missing Out (FOMO)
Memang benar jaman semakin maju dan semua jadi serba cepat. Tapi hal yang dipandang sebagai kemajuan ini juga bisa menjadi masalah buat diri kita sendiri, yaitu menimbulkan rasa takut karena tidak bisa mencapai standar-standar sosial yang banyak kita temukan di sosmed.
21:29
September 22, 2020
Honor Your Process
Banyak dari torang ketika lihat orang lain pu karir, kehidupan asmara atau keluarga lebih bagus atau maju ataupun sukses, langsung muncul rasa insecure dan meragukan diri sendiri. Apa kurang berusaha? Apa belum cukup buat ini dan itu? Kenapa kok seperti begini? Padahal, tiap orang punya proses yang berbeda dalam kehidupan. Menghormati serta menghargai proses dalam hidup kita merupakan bentuk dari mencintai torang pu diri sendiri.
12:37
September 9, 2020
Meditate
Believe it or not, kita semakin dituntut dari hari ke hari untuk cepat. Cepat ke kantor, cepat selesaikan deadline, cepat pulang, cepan melakukan ini dan itu. Stress jadi makanan sehari-hari lho di masa kini. Orang jadi cepat marah, cepat tersinggung, bahkan kehilangan daya semangatnya. Yuk, belajar meditasi. Agar kita bisa mengarungi dunia yang penuh tantangan ini dengan pikiran yang jernih.
14:43
August 23, 2020
Speak Up!
Tra selamanya diam itu emas kawan! Ko bisa rugi banyak hal ketika ko tra bisa jadi orang yang bisa mengutarakan apa yang ingin ko sampaikan. Dalam episode kali ini jenikaray bercerita tentang apa sih tanda-tandanya kalau ko bukan tipikal orang yang berani speak up serta gimana caranya biar torang bisa jadi orang yang berani buat bicara atau speak up. Yuk, dengar selengkapnya di episode ini!
18:55
July 28, 2020
Blocking People
Ini nih, masi jadi perdebatan banyak orang. Kira-kira kalo blok orang di sosmed itu boleh kah tidak eh? Kalau orangnya tong masi ketemu, wajar kah kalau tong blok de punya sosmed? Di episode ini @jenikaray tidak bercerita sendiri, ada banyak teman-teman yang membagikan kisah dan opininya tentang tema yang menarik ini. Selamat menikmati!
24:19
July 11, 2020
Inner Voice
Ada pepatah yang bilang bgini: yang lebih berbahaya tu suara yang dari dalam ko pu diri, bukan dari luar. Masalahnya, yang didalam ko pu diri itu lebih banyak bicara negatif atau positif? Di podcast kali ini @jenikaray mau crita tentang bagaimana eh de pu cara buat kitorang cek dan evaluasi kembali apa yang sering kitorang pikirkan. 
17:37
June 24, 2020
Are You Okay?
Tuhan menciptakan kitorang dengan dua telinga dan satu mulut itu on purpose loh. Di episode kali ini bersama @jenikaray kitorang akan belajar gimana sih caranya untuk mendengarkan tapi bukan untuk menuduh, menilai atau berusaha jadi problem solver tapi benar-benar belajar mendengarkan dan hadir ketika lawan bicara berbicara. 
13:00
June 11, 2020
Little Things
Di masa pandemik covid-19 ini sebenarnya masa yang bagus buat kitorang belajar bagaimana melakukan kebaikan. Karena kebaikan tu bukan yang megah mewah besar saja kawan, tapi ada hal-hal sederhana, hal kici-kici yang bisa kitorang buat. Kasih tidak pernah dibatasi oleh tembok dan ruangan. Ko bisa buat, sa bisa buat, kitorang semua bisa!
13:45
June 1, 2020
Apa Yang Menahanmu Untuk Maju?
Apapun latar belakangmu (mau broken home, finansial lemal, pernah buat ini itu), tidak ada satupun dari hal itu yang bisa tahan ko untuk maju. Untuk mendapatkan jalan masa depan yang baru. Dengan masa depan yang terang-benderang.
14:03
May 23, 2020
Do You Love Your Body?
Tra pernah ada orang yang tra benci de pu diri sendiri. Hidung lah, bibir lah, pinggul lah, gigi, alis, dada, ada saja yang bisa kitorang nilai “kurang”. Yakin ko mau bgitu terus? Padahal de yang paling setia sama-sama ko.
15:24
May 14, 2020
Pelampiasan
Enak sepertinya yah kalau bisa balas dendam sama orang yang su sakiti kitorang. Tapi teman, ko tahu kah tidak? Trada untungnya sama skali dalam jangka panjang buat kitorang mendendam dan balas dendam! Justru makin banyak ko pu teman, orang-orang terdekat yang akan tersakiti.
18:42
May 4, 2020
Respect Yourself
Menghargai diri sendiri akan menghindari ko dari berbagai pola-pola relasi yang tidak sehat. Dan dengan menghargai diri sendirilah, ko trakan jadi orang dengan tipikal people pleaser.
15:03
April 26, 2020
Know Yourself
Hanya ketika jujur sama diri sendiri akhirnya kitorang paham bagaimana, seperti apa dan apa sebenarnya kitorang punya diri sebenarnya. Hal ini penting karena punya dampak ke berbagai keputusan-keputusan penting dalam tong pu hidup.
20:15
April 20, 2020
Be Honest To Yourself
Jujur mungkin tidak begitu popular. Tapi tidak ada dong orang yang mau ditipu juga di dunia ini. Jujur pada diri sendiri penting skali teman, kalo ko mau menyembuhkan diri sendiri dari luka-luka batin yang ada
26:13
April 14, 2020
The Effect Of Pain (II)
Apa yang tidak dibereskan di saat ini akan terbawa di masa depan. Ditutup-tutupi bukan menghilangkannya, tapi hanya menyembunyikannya untuk naik lagi ke permukaan di kemudian hari.
25:40
April 2, 2020
The Effect of Pain (I)
Kepahitan itu bisa macam akar pohon lho kawan-kawan. Di tebang diatasnya tapi ternyata ada akar-akar kecilnya yang masih bertumbuh di bawah. Di episode kali ini @jenikaray bakal bercerita kenapa sih pentingnya memperhatikan jejak-jejak trauma dan kepahitan yang pernah kitorang alami. Sapatahu ada yang belum beres!
15:57
March 19, 2020
Facing Your Pains
Setiap emosi yang kitorang rasa itu perlu untuk diakui, perlu untuk disadari. Bukan diredam dan dianggap semua baik-baik saja. It’s okay to be not okay kok. Yuk, dengar detailnya disini!
12:41
March 4, 2020
Halo, Masa Depan!
Tinggalkan semua zona nyaman, sapalah masa depan! Bertemu dengan hal yang baru pasti ada sedap-sedap ngerinya. Tapi ada satu hal yang kawan-kawan perhatikan ketika bertemu dengan masa depan.
12:03
February 24, 2020
Out of Comfort Zone
Nyaman sih nyaman. Enak sih enak. Tapi siapapun yang mau berubah, punya sesuatu yang lebih baik harus berani keluar dari kenyamanannya. Kenapa harus keluar? Dengar aja langsung Cerita Seru Jeni Karay
12:47
February 19, 2020
Inner Circle
Cara kitorang memilih inner circle harus baik-baik. Salah pilih, torang juga kas susah tong diri sendiri. Inner circle bukan cuma sekedar baik saja lho kawan! Kam dengar lebih detailnya disini sudah.
21:57
January 31, 2020
Keep Up Your Spirit!
Setelah berbicara tentang motivasi, kitorang juga harus menjaga diri sendiri untuk selalu punya daya juang dan pertumbuhan serta pemikiran yang baik. Gimana sih caranya? Mari tong blajar di podcast episode kali ini!
14:25
January 22, 2020
Motivate Yourself
Ketika mager, rebahan, ogah-ogahan, rasa malas menghadang ko pu mimpi-mimpi tahun ini apa yang akan ko buat? Mari dengar sama-sama apa yang bisa bantu kitorang untuk bisa lewati masa-masa itu.
19:20
January 13, 2020
Fear of the Unknown
Selamat tahun baru 2020! Pasti banyak yang su bikin resolusi panjang lebar. Mau pendek apa panjang resolusinya, tong smua akan hadapi namanya rasa takut. Bisa kah tidak selesaikan ini dan itu, bagaimana kalau gagal dan lain-lain. Di episode kali ini kitorang akan bahas bagaimana hadapi rasa takut untuk berbagai hal yang masih jadi misteri di depan.
18:45
January 10, 2020
Menjaga Hati
Kita emang ga bisa kontrol apa yang dilakukan orang sama kita. Tapi kitorang slalu bisa mengendalikan bagaimana harus merespon. Itulah esensi dari pentingnya Menjaga Hati.
11:49
December 28, 2019
Closure
Akhirnya ko putuskan move on. Trada hubungan apa-apa. Eh kaget bgini ketemu mantan trus balikan lagi. Padahal putusnya dulu karena diselingkuhin atau abuse. Mungkin karna ko blum buat yang namanya: closure.
13:59
November 3, 2019
Move On
Halo kembali kawan-kawan! Podcast Cerita Seru Jeni Karay kali ini kembali dengan topik yang sudah ditunggu banyak orang! Kali ini kitorang akan bacarita tentang MOVE ON. Apa sih sebenarnya prinsip dari barang yang de nama move on ini? Kenapa su blok nomor, buang barang pemberian mantan, kitorang masih taingat-ingat dia. Mari, jang tunggu lama! Langsung dengar podcastnya mace jeni karay ini.
33:20
October 26, 2019
Pacaran Beda Agama
Apa benar pacaran beda agama itu susah? Mari bahas bersama bersama @jenikaray di episode kali ini!
14:48
September 13, 2019
Pacaran Beda Profesi
Kali ini kitorang akan dengar cerita seru Jeni Karay tentang apa saja kekuatan dan kelemahan dari pacaran beda profesi. Ko pilih yang mana, yang beda kah sama?
10:02
August 3, 2019
Pacaran Beda Usia
Pacaran beda usia itu ada senang dan tidaknya juga. Yuk dengar cerita Jeni Karay bersama teman-teman dari Timur Indonesia!
31:54
July 13, 2019
Meredam Ego (2)
Sebelumnya kitorang su bahas bagaimana mengatasi rasa ego yang tinggi dalam torang pu diri. Skarang, tong akan bahas bagaimana caranya untuk menghadapi orang yang ternyata de pu ego lebih tinggi dari torang.
21:32
July 5, 2019
Meredam Ego (1)
Trada manusia di bumi ini yang tra pu ego. Tapi setiap manusia slalu pu pilihan untuk meredam atau membesarkan egonya. Ada berbagai konsekuensi dan cara untuk mengatasinya. Mari dengar crita dari @jenikaray beserta teman-teman dari timur indonesia tentang ego!
32:40
July 3, 2019
Takut Jatuh Cinta (lagi)
Tidak semua crita cinta berakhir manis. Kadang cerita cintamu berakhir dramatis. Beberapa mengakibatkan luka, trauma bahkan keinginan untuk tidak mau jatuh cinta lagi. Yuk, dengar podcast ini sapatahu kamu jadi tidak takut buat jatuh cinta (lagi)
17:51
June 17, 2019
Susahnya Mengatur Waktu
Dong bilang waktu itu berharga. Karna waktu yang sudah berlalu trakan bisa buat ulang de kembali. Karna itu mari kitorang blajar sama-sama bagaimana mengatur waktu bareng jenikaray :)
16:57
June 15, 2019
Dibalik Hashtag Goals Something
Berawal dari hashtag, bisa buat ko pu hidup gangguan mental. Mo tahu bagaimana bisa bgitu? Dengar podcast ini sudah.
05:41
June 13, 2019
Cinta Dalam Diam
Yakin mau cinta diem-dieman terus? Coba deh dengar podcast ini. Sapa tahu ko tamba berani buat ungkapkan ko punya cinta buat si dia!
08:06
June 4, 2019
Toxic People
Apa ada di sekitarmu orang yang omongin yang jelek-jelek, manipulatif, suka nge-bully kamu? Mungkin kamu sedang dikelilingi Toxic People! Mari dengar sama-sama apa yang harus dilakukan bila kita diperhadapkan dengan Toxic People bareng Jeni Karay!
17:10
May 11, 2019
Mengelola Stress
Anana jaman skarang makin rentan kena yang namanya stress, depresi, dll. Mari blajar bareng Jeni Karay bagaimana kitorang sebagai bisa melajar mengelola stress.
09:47
May 5, 2019
Produktif Yuk!
Podcast Cerita Seru Jeni Karay kali ini membahas tetang produktif. Anana muda dan para profesional juga masih bermasalah tentang topik satu ini. Ada caranya kah tra buat torang bisa produktif? Inilah yang dibahas di podcast kali ini.
08:01
April 29, 2019
Perempuan Jaman Now!
Menyambut perayaan Hari Kartini, tentunya generasi perempuan saat ini butuh banyak berbenah untuk menjadi pribadi yang semakin bercahaya gilang-gemilang! Yuk dengerin lebih lengkapnya tips ala Jeni Karay!
08:59
April 21, 2019
Self Improvement
Self Improvement alias pengembangan diri itu penting banget buat anana muda! Ibaratnya kitorang sedang berinvestasi kepada diri sendiri. Yuk, dengar apa sih pentingnya dan gimana caranya biar bisa kembangin diri kita bersama jeni karay!
10:15
April 18, 2019
Self Acceptance
Self Acceptance atau penerimaan diri terlihat begitu sepele. Tapi ternyata bila tidak ada, bakal mengakar ke berbagai hal! Yuk dengarkan bagaimana Jeni Karay yang dulunya juga tidak bisa menerima dirinya sekarang bisa berbagi bagaimana caranya bisa menjadi pribadi yang bisa menerima diri dan berdampak untuk orang lain.
10:59
March 13, 2019
Finally, Jeni Karay First Podcast
Ini adalah podcast pertama dari Jeni Karay! Percayalah kawan-kawan, ketika kita berniat baik, ada saja rintangan-rintangan yang membuat kita ingin rasanya undur diri. Yuk, dengarkan cerita Jeni Karay!
04:12
March 3, 2019