Skip to main content
OPLOSAN

OPLOSAN

By mataharitimoer
Obrolan politik non-partisan | Membahas isu sosial budaya dan politik di Indonesia dari perspektif rakyat jelata yang santuy, dengan prinsip tidak melekatkan diri dengan kelompok, golongan dan kekuatan sosial, ekonomi dan politik manapun.

Managed by @mataharitimoer
Listen on
Where to listen
Apple Podcasts Logo

Apple Podcasts

Breaker Logo

Breaker

Castbox Logo

Castbox

Google Podcasts Logo

Google Podcasts

Overcast Logo

Overcast

Pocket Casts Logo

Pocket Casts

RadioPublic Logo

RadioPublic

Spotify Logo

Spotify

Stitcher Logo

Stitcher

Currently playing episode

Biarkan Saja yang Tak Percaya

OPLOSAN

1x
Politikus Baperan
Aksi Puan menanam padi di tengah hujan menuai kritikan. Kader PDIP ada yang baperan.
01:44
November 16, 2021
Kenapa Banyak yang Khawatir dengan Reuni 212?
Ada agenda politik dari rencana reuni 212, tapi apa salahnya?
04:35
November 16, 2021
Gak Zaman Kalau Kita Masih Rasis
Pernyataan Pigai melalui akun twitternya menuai kritik dari banyak pihak. Ada juga yang terpancing berkomentar sama rasisnya. Nggak gitulah, sob!
01:26
October 4, 2021
Jangan Ngamuk Teruslah, Bu!
Bu Risma makin lekat dalam top of mind kita sebagai orang pemarah.
05:09
October 3, 2021
Nggak Salah Dong Mirip Warkop DKI
Netizen kita biasa banget pro-kontra urusan apa saja. Soal 3 lelaki yang mirip Warkop DKI, yang langsung action tanpa sowan dulu jadi perbincangan hangat. Ada yang mengkritik, ada juga yang mencaci maki. Ke siapa? ya baik ke 3 lelaki muda itu maupun ke mas Indro Warkop DKI. 
04:52
September 22, 2021
Negara Tanpa Perlindungan Privasi
Heboh sertifikat Jokowi nyebar di media sosial. Disimpulkan aplikasi PeduliLindungi tak aman untuk data pribadi kita. Nah, lho. Menurutku sih....
05:53
September 4, 2021
Tahun Depan Vaksin Bayar
Kata Menkeu, Bu Ani tahun 2022 vaksin bayar untuk orang yang mampu. siapa mereka?
02:19
August 26, 2021
Radikalisme Bukan Ancaman Terbesar
Ada ancaman yang lebih besar dan lebih berbahaya buat bangsa dan negara ini. Apa itu? Bukan, bukan radikalisme tapi... 
03:26
August 25, 2021
Nge-troll Agama
Orang yang kerjaannya memancing kemarahan kita soal isu agama. Sebaiknya jangan terpancing dengan orang seperti ini. Mereka tidak berniat mencari kebenaran namun mencari kekisruhan.
02:42
August 23, 2021
Pindah Agama
Isu pindah agama di Indonesia kerap ramai diperbincangakan. Apakah pindah agama itu penting?
03:38
August 18, 2021
SPPD Anggota DPRD Bungo Belum Cair
anggota DPRD Bungo, Jambi, protes karena uang perjalanan dinas tak kunjung cair. Dari video yang diunggah akun Instagram @medantau.id, salah satu anggota dewan berpakaian batik mengatakan, sudah tiga bulan uang perjalanan dinas belum mereka terima. Anggota DPRD Bungo Syaiful Acik Bilal membenarkan orang-orang yang ada di video tersebut merupakan rekan-rekannya di DPRD Bungo. Syaiful mengaku video itu merupakan video lama yang sudah direkam sejak beberapa bulan lalu. Dia mengakui bahwa video itu dibuat karena SPPD belum cair.
02:09
August 12, 2021
2 Protokol Hapus Korupsi Bansos
Bansos dikorupsi bukan cuma oleh Menteri Sosial yang kini sudah ditahan. Tingkat RT pun melakukan hal serupa. Bagaimana cara agar korupsi bansos bisa berkurang?
02:18
July 29, 2021
Anggota DPR Dijamin ISOMAN di Hotel Bintang 3
"Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa Sekretariat Jenderal DPR RI bekerja sama dengan beberapa hotel, menyediakan fasilitas karantina/isolasi mandiri bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif Covid-19 baik yang tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dengan isolasi mandiri di hotel," demikian petikan yang telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Indra Iskandar pada Kamis (26/7/2021) Berbahagialah para Anggota DPR
01:46
July 28, 2021
PPKM Panjang Urusannya
PPKM Diperpanjang lagi. Lagi-lagi diperpanjang. Padahal mestinya dari awalnya aja tegas 3 bulan. 
04:27
July 26, 2021
Biarkan Saja yang Tak Percaya
Kita masih berduka karena Pandemi COVID-19 ini. Sementara masih banyak orang-orang yang bahkan memiliki jabatan tinggi, tokoh publik, menyebarkan informasi yang membuat warga semakin terbelah soal kebijakan pemerintah terkait penanganan COVID-19. Bagaimana sebaiknya kita bersikap? Ini menurutku. Bagaimana menurutmu?
04:18
July 23, 2021
Presiden Terburuk dalam Sejarah
Kenapa sampai muncul trending topic #PresidenTerburukDalamSejarah di Twitter? Ini kembali ke mainan politik. Negara lain sikapi COVID-19 sebagai urusan kesehatan bersama, di sini lagi-lagi perpektif politik yang menguat. 
04:04
July 21, 2021
PPKM Gagal
PPKM Darurat tak menunjukkan hasil yang menyenangkan. Akhirnya diperpanjang dg penuh keraguan hingga 25 Juli 2021.
04:53
July 20, 2021
Penjara Tak Bisa Mengubah Sikap Tak Percaya Covid
Sikap dr. Louis tentang covid-19 menyebar di medsos maupun grup chat. Boleh jadi di WAG keluargamu juga ada. Saat dr. Louis ditangkap namun dibebaskan bersyarat, netizen pun makin ramai. Pro kontra menjadi-jadi padahal mereka punya satu keinginan yg sama.
02:54
July 14, 2021
Jangan Takut Lengser, Bos!
Kritik itu kunci untuk mendapatkan solusi, jadi tak perlu retorika "kritik harus dengan solusi". Itu sama saja dengan cara halus membungkam critical thinking.   #DesakanJokowiMundur #BebasBerpendapat #PPKMDarurat
03:46
July 12, 2021
Cara Daftar Biar Dapat Bansos
PPKM Darurat masih saja menuai kegelisahan. Masih ada rakyat yang bilang belum dapat bansos. Rerata mereka belum tahu cara mendaftarkan diri. Gimana daftarnya? Selamat mendengarkan
10:07
July 9, 2021
PPKM Darurat, Apa Kita Kuat?
PPKM Darurat diberlakukan sejak 3-20 Juli 2021. Langsung saja kebijakan tersebut menuai kekecewaan dari beberapa kalangan rakyat. Terutama mereka yang tak pernah merasakan BANSOS. Pemerintah punya solusi melalui cekbansos, tapi tak memberikan solusi ketika seorang rakyat mencoba mengecek dan namanya tak ada di situs tersebut, bagaimana agar namanya bisa masuk ke daftar penerima Bansos. Melihat kondisi seperti ini, apa kita kuat menjalani lockdown versi pemerintah?
12:39
July 9, 2021
Kenapa Kelompok Ekstrem Sulit Dikalemkan
Seperti seri #podcastemte lainnya, ada saja obrolan bersama sopir taksi. Kali ini membahas kenapa anggota kelompok ekstrem susah sekali diajak dialog. Apa yang membuat mereka demikian?
07:12
June 30, 2021
Presiden 3 Periode itu Gagasan Somplak
Para penggila Jokowi masih saja ngotot memengaruhi publik agar bisa menjabat 3 periode. Mereka berharap DPR/MPR mengabulkan itu dengan risiko mengamandemen UU. 
07:43
June 28, 2021
Film Kartun Anak Taliban
Ternyata masih ramai saja dugaan terhadap film Nussa Rara yang dianggap menampilkan sosok anak taliban, bukan anak Indonesia. Bagaimana aku menyikapi kericuhan di medsos soal ini?
07:40
June 22, 2021
Jangan Takut Mengkritik #UUITE
Konon UU ITE revisian 2016 mau direvisi lagi. Entah apakah benar atau tidak, menurutku sih lebih disebut DIPOLES ketimbang DIREVISI.
03:17
June 18, 2021
Belajar dari 2 Ronin Jurnalis
Sejam belajar BTS Bisnis Media Online dari 2 "Ronin" Jurnalis. Banyak banget yang aku dapat dari Eyank Tjatur dan Kang Oboth tentang jurnalisme dan bisnis media online dalam perspektif mereka sebagai orang di luar sistem. Vlogue/Podcast ini sepertinya bagus buat teman-teman yang gandrung dengan dunia literasi media, literasi digital, yang punya keinginan bisnis media, blogger, vlogger, podcaster, atau siapalah.
01:07:47
June 11, 2021
Aku Menyayangimu
Sesekali nggak ngoceh atau dialog. menyanyikan lagu saja. Lagu ciptaan Gus Mus yang digubah Iwan Fals 
04:38
June 9, 2021
Perbudakan Media Online
#mediaonline #jurnalis #wartawankacau  Kedatangan tamu, bukannya jawab pertanyaan eh malah mau nanya-nanya gue. Lah, yawda jadi bahas tentang content creator dan kualitas jurnalis media online zaman now yang jadi media kejar tayang dan clickbite.
24:49
June 2, 2021
Jelang 2024 Kenali Watak Politikus
Pemilu memang masih lama, 2024 tetapi seperti kita saksikan sendiri para politikus sudah banyak yang bersiap untuk merebut hati rakyat. Kita belajarlah dari drama politik selama ini. Jangan gampang dipecahbelah ya, kawan!
16:00
May 30, 2021
Korupsi Lebih ANU daripada Terorisme
Membahas korupsi dan kaitannya dengan watak politik, prokes, dan terorisme.
16:58
May 21, 2021
Advertorial Kacau di Media Online
Sama seperti pembahasan Rina Kusumastuti atau Indah Kusumawati yang menemukan obat pelangsing, ternyata masih ada advertorial yang sama kacaunya dalam copywriting. Kali ini tentang Profesor Dokter yang berusia 109 tahun.
10:24
May 19, 2021
Kenapa Mudah Rekrut Netizen jadi Teroris?
#MakinCakapDigital Data dan fakta membuktikan perekrutan anggota teroris juga melalui media sosial. Kenapa mereka begitu mudah melakukannya? Demi membangun ruang digital yang aman, podcast ini dipersembahkan.
09:29
May 16, 2021
Kapan COVID-19 Selesai?
Bagaimana aku menjawab pertanyaan ini? Pertanyaan yang dilontarkan rakyat jelata yang sering kutemui. #pandemic #plandemi #vaksin #lawancovid #tidakmudik #5m #indonesia
12:27
May 10, 2021
Kebebasan Berekspresi dan Penistaan Agama
Di tengah isu penistaan agama, ujaran kebencian, intoleransi, dendam, dan segala toxic nasionalisme, mari kita memosisikan diri sebagai warga biasa saja yang akur dan bahagia hidup bersama. Kamu punya cerita? Ceritalah!
14:13
April 26, 2021
Klaim-klaim Atas Wastra
Lagi ramai nih beberapa netizen mengklaim suatu produk wastra atau kain khas indonesia. Ada juga yang menuding bahwa usaha lainnya menjiplak usahanya. Karena persoalan ini nyangkut di kepalaku, kubahas juga deh.
13:16
April 15, 2021
Lebih Baik Divaksin daripada Diyasin
Ngobrol sama om Ace Pentura yang sudah divaksin 2 kali. Koq bisa, padahal dia buka manula. Apa mitos seputar vaksin yang ia tahu? 
47:22
April 6, 2021
Mengusir Makhluk Penghuni Tempat Angker
Banyak cerita seram dari teman-teman saat menginap di hotel maupun tempat yang terasa menyeramkan. Siapa yang biasa mengusir?
12:47
March 30, 2021
Kita Masih Terancam Bom
Pemboman di Gereja Katedral Makassar mengindikasikan bahwa kita masih belum aman dari ancaman teror bom.
09:13
March 28, 2021
Kader NII Masih Akan Merekrutmu
Kalangan pergerakan bawah tanah masih tetap melakukan rekrutmen melalui media sosial maupun aplikasi perpesanan. Waspada selalu! Untuk update tentang ini Anda bisa membaca blog http://sempalan.wordpress.com
04:36
March 24, 2021
Keranjingan Bikin Kerajinan #ngelantur
membuat kriya baginya bukan untuk jualan semata tapi sebagai taman bermain. itulah sapda.alam
16:53
February 12, 2021
#Ngelantur Diajak PKI ke Senayan Diselamatkan Cabe-Bawang
Penuturan orang tua yang mengalami masa jaya PKI dan saat PKI dicari-cari. Apa yang membuat ia dan warga kampung mau diajak ke acara pidato PKI di Senayan? Apa hubungannya cabe dan bawang?
14:32
January 3, 2021
Masih Mau Jadi Penulis?
Ngelantur tentang dunia tulis menulis berdasarkan pengalaman menulis buku.
22:08
December 21, 2020
Hari Blogger Nasional, Masih Ngeblog?
Sejak 2007 tiap 27 Oktober dicanangkan hari blogger nasional. Bagaimana situasi tahun ke tahun hingga kini?
21:13
October 29, 2020
5 Penyebab Cupangmu Mati #ngelantur
Kali ini aku ngelantur soal cupang. Bukan karena ahli tapi karena selama 2 bulan ini sedang urus 3 ekor cupang yang terlantar.
08:06
October 21, 2020
#Ngelantur bersama Seniman yang Kehilangan Rumah
Para seniman di Medan sedang berjuang mempertahankan agar gedung Taman Budaya Sumatera Utara tidak dimatikan atau dijual. Mereka butuh gedung kesenian. Karena itu mereka bergerak mengumpulkan koin 1000 untuk membantu PEMKOT mewujudkan gedung kesenian. #savetbsu
44:55
September 24, 2020
#Ngelantur di Pulau Tunda
Ngobrol dan ngopi tentang tantangan anak muda di Pulau Tunda
01:06:54
August 28, 2020
#Ngelantur Barisan Sakit Hati
#politik #fucktivist #indonesia #tuntutan #atasnamarakyat
12:20
August 19, 2020
#Curhat #MalamJumat | Nginep di Hotel Tua
Kemalaman di Kota Bogor jadinya mencari kamar buat numpang mandi dan tidur. Sampai di hotel ternyata full booked. Akhirnya ngopi aja di cafenya. Tapi hampir tengah malam resepsionis mengabarkan, ada kamar kosong. Jadilah bermalam. Eh ternyata ini hotel dengan bangunan tua yg cukup hehehe....
09:27
July 16, 2020
#Ngelantur 30 Tahun Jadi Sopir Taksi
Sejak tahun 1989 ia bekerja sebagai sopir taksi. Ya, 30 tahun. Banyak pengalaman yang ia arungi di jalan dengan berbagai perusahaan taksi. Ada 3 hal yang lazim dilakukan sopir taksi. Apa saja? Simak podcastmt.
30:20
June 29, 2020
#Ngelantur TERSERAH JADI SOLUSI
Tanggapanku terhadap situasi perjalanan yang padat dan macet di masa PSBB masih berlaku. Banyak yang putus asa melihatnya dan keluarlah kata #terserah. Lalu kata yang keluar seiring helaan napas itu menjadi bahan bulian netizen. Apakah terserah juga sekaligus jadi solusi buat Indonesia?
15:42
May 20, 2020
#Ngelantur Kembalikan Pancasila ke Asalnya
Banyak orang -terutama pejabat- bilang kita harus pancasilais, jadikan pancasila sebagai nilai luhur bangsa kita. Itu semua kurasa omong kosong. Sebaiknya kembalikan pancasila ke asalnya saja. Apakah itu?
18:38
May 10, 2020
#Ngelantur lagi sama Sopir Taksi Bluebird
Kali ini ketemu sopir taksi Bluebird yang sudah bekerja 7 tahun. Ia menceritakan kenapa bertahan kerja sebagai sopir taksi yang 1 Mei 2020 ini telah 48 tahun beroperasi di Indonesia.
11:07
May 9, 2020
#Ngelantur Bincang Buku Guys Indonesia tuh Bineka Loh karya Kak Mila
Milastri Muzakkar menerbitkan buku yang crispy tentang kebinekaan Indonesia. Aku diajak berbincang tentang buku tersebut oleh ICRP. Ini adalah perspektifku buat buku berkesan merah gembira ini.
16:23
May 3, 2020
#ngelantur Jangan Takut Teriak Merdeka
Teriakan merdeka yang dilakukan anak muda jangan langsung disikapi dengan kekhawatiran bahwa mereka akan melepaskan diri dari NKRI. Sebaiknya diajak dialog dulu, apa masalah yang paling memicu mereka. Bisa jadi mereka terprovokasi oleh pejabat negara yang tak benar-benar peduli terhadap mereka.
10:11
April 27, 2020
#Ngelantur Sehina Apakah Buzzer
Buzzer sering jadi bahan sindiran bagi yang membencinya dan sandaran bagi yang membutuhkannya. Kelirunya di mana?
15:36
April 22, 2020
#Ngelantur Curhat Sopir: Tak Suka Jadi Sopir Malah 10 Tahun Jadi Sopir Taksi
Cerita pak Sopir tentang pergulatan hidupnya sebagai sopir. Awalnya ia membenci profesi sopir karena sikapnya yang temperamental. Karena hidup harus dijalani akhirnya mantan sales ini pun jadi sopir pribadi meskipun hanya bertahan 2 hari. Karena apa? Dengarkan aja. Yang jelas dari situlah akhirnya ia mau menjadi sopir taksi dan bertahan hingga kini.
18:55
April 21, 2020
#Ngepet Langkah Taktis Saat Krisis
#Ngepet singkatan dari Ngobrol Enak Pake Internet. Pada Minggu malam 19 April 2020 melalui Google Meet. Sayangnya acara itu tak terekam sehingga aku hanya bisa menyampaikan apa yg kudapat dari sekira 40 teman² yang ikutan.
14:07
April 20, 2020
#ngelantur sama anak kelas 3 SD soal puasa anak kecil. Marhaban ya Ramadhan. #DiRumahAja
Ini obrolan berdua Miki habis buka puasa pada Ramadhan tahun lalu saat ia masih kelas 3 SD. Tahun lalu ia belum mengizinkan untuk dipublish. Nah, baru tadi dia mengizinkan hehehe.
03:22
April 18, 2020
#ChannelHantu Curhat Kunti (Republish)
Episode ini memberikan kesempatan kepada Kunti untuk curhat. Silakan para kunti lainnya menyimak.
08:35
April 17, 2020
#ChannelHantu
Biasanya kita cerita tentang hantu nah di sini para hantu yang menceritakan pengalaman mereka sendiri. Tentu dalam perspektif hantu.
10:35
April 15, 2020
#ngelantur di Taksi soal Bansos dan kekhawatiran karena Napi yang dibebaskan karena COVID-19
MT senang ngobrol dengan siapa yang bersamanya dalam perjalanan. Kali ini sopir taksi bicara tentang Bantuan Sosial Corona dan kekhawatiran soal penyakit kriminal yang kambuh karena napi sulit cari makan. Soal mudik disinggung sedikit.
13:45
April 15, 2020
Kisah Menawan di Dunia Sufi oleh DR KHM Luqman Hakim #pengajian
Sumber: Live Syech Luqman di akun twitter beliau @KHMLuqman (silakan follow)
13:48
April 14, 2020
#ngelantur 20-an Sopir Ojol Kena Tipu Order Fiktif
Sekira 20 sampai 25 orang sopir ojol dari Gojek tertipu OPIK (order fiktif). Semua telah keluar uang ada yang 91 sampai hampir 200 ribuan untuk membeli pesanan gofood. Ada juga yg sekalian minta topup gopay 300 ribu. Warga kampung kamipun membayarkan orderan mereka karena kasihan. Duh, di masa para sopir ojol kesulitan order ada aja yang masih tega menjahati mereka.
06:04
March 28, 2020
#Ngelantur Sopir Taksi Saat Pandemi Covid-19
Sopir taksi menceritakan tantangan cari setoran di saat sepi karena pandemi covid-19. Ia tetap bekerja meskipun Jakarta banyak zona merah. Ada juga stigma terhadap warga keturunan Cina.
06:60
March 23, 2020
#ngelantur Waspada Virusnya, Lawan Hoaksnya
#covid19 #hoax #ngelantur Kabar covid-19 atau virus corona merebak di Indonesia. Angka suspect kian bertambah. Hoaks pun lebih deras penyebarannya. Yang miris harga masker dan hand sanitizer makin mahal. ICT Watch berinisiatif membagikan hand sanitizer GRATIS dengan program WASPADA VIRUSNYA, LAWAN HOAKNYA. bagaimana cara mendapatkannya
08:29
March 10, 2020
#Ngelantur Babeh Helmi
Babeh Helmi adalah salah satu icon blogger lawas. Yang nggak kenal berarti nggak pernah tau soal Babeh. Lha iyalah. Kebetulan ketemu Babeh dan MT mbahas soal Corona dan Banjir dan hal lain yang tentunya khas Ngelantur: TANPA SENSOR. Apa sih? Simak aja!
10:04
March 3, 2020
#Ngelantur Soal SAFEnet
Tahukan kamu hak digital? Pernah dengar atau baca kata SAFENET? Hah? UUITE? Ya, itu salah satu fokus mereka. MT ngelantur setengah jam bareng Damar Juniarto dan Ellen Kusuma
32:43
March 2, 2020
Tebetan Nasuha
Bersama IB dan DBU bahas program bersama Whatsapp dan Kemkominfo
13:38
November 1, 2019
Pesan Lord #DIDIKEMPOT untuk Sobat Ambyar
Usai konser Ambyar di hotel Sunan Solo, Lord Didi Kempot ngelantur bareng di tepi kolam renang. Sebath gitulah. Banyak hal penting yg beliau sampaikan dalam obrolan 15 menit ini.
16:23
October 14, 2019
#LordDidiKempot menurut Gustafff dan Ace Pentura
Pulang Konser Ambyar Lord Didi Kempot, inilah kesan kami
27:02
September 20, 2019
Soal #BuzzerBlunder bersama WKF, Erfano, dan Utami
Obrolan lama soal blogger dan buzzer.
19:12
July 27, 2019
Nyinyirin Iqbal jadi Minke di film Bumi Manusia
Iqbal dianggap nggak pas memerankan Minke. Lalu apakah film garapan Hanung ini pasti jelek dibandingkan novelnya?
07:41
July 22, 2019
Trik Kang Onno W. Purbo Buat Mahasiswa Zaman Now
Kang Onno memberikan arahan dan trik bikin jurnal, buku, dan penelitian buat mahasiswa, terutama S2
14:52
July 4, 2019
Di Luar Protokoler, Ngobrol bareng Kasubag Istana Bogor, Endang Sumitra
ngobrol bareng Kasubag Rumah Tangga dan Protokol Istana Bogor, Endang Sumitra. Kami ngobrol tentang perannya di luar protokoler kepresidenan Istagor yaitu memosisikan antara mitos dan sejarah terkait Bogor dan Jawa Barat. Ia adalah generasi ke-empat dari keluarganya yang turun temurun mengabdi di Istagor. 29 Juli 2019 usai nonton konser klasik dan jazz di Aryawidura, Bogor.
19:30
June 30, 2019
Curhatan Customer Service
Bekerja sebagai petugas customer service via telepon dan media sosial ternyata nggak gampang. Perlu kestabilan pikiran, perkataan, dan perasaan. Nggak boleh baper dan harus asyik terus.
20:43
June 24, 2019
Seks Anak Muda di Medsos with @atissaputi dan @humanibot
obrolan berawal soal eksploitasi seksual anak di ranah online sampai transaksi seksual orang muda via medsos
22:59
June 7, 2019
Left WAG Forum Demokrasi Digital eyank @tjatur
Gara-gara Jokowi Lovers yang mengumbar data pribadi di twitter, dan ketidakmanfaatan obrolan grup, akhirnya eyank TJ ke kiri (left group).
08:16
June 7, 2019
Agama Jalur Hoaks with @insideerick
mengulas penelitian cambridge university tentang kaitan antara hoaks dan pemeluk agama.
31:04
June 7, 2019